Selamat Tahun baru 2010 – keep spirit –

Moga di tahun yang baru, hari-hari kedepan selanjutnya kita dapat menjadi lebih baik. Acara tahun baru biasanya kita mempunyai rencana yang berbeda-beda. Ada yang menikmati dirumah aja, ada yang tidur sepuasnya😀 , ada yang jalan-jalan keluar, kumpul dengan keluarga, orang terdekat, teman-teman, ada yang intropeksi diri dengan berdoa dan berdzikir dan masih banyak kegiatan-kegitan lainnya.. Tahun baru diidentik juga dengan pesta. Berbagai perayaan pun datang disetiap negara. Bagaimana setiap negara merayakan tahun barunya tergantung dari tradisi negara tersebut.  Seperti dikutip dari kaskus berikut ini acara tradisi tahun baru negara-negara di dunia :

Amerika Serikat
Di Amerika Serikat perayaan tahun baru ditandai dengan penurunan bola raksasa di Times Square. Di tempat inilah setiap tahun orang-orang Amerika Serikat berkumpul merayakan tahun baru. Bola yang dijuluki big apel ini dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Pada pukul 23.59.00 bola diturunkan bola diturunkan dari tas gedung dan sampai dibawah pada pukul 00.00.

Brazil
Di Brazil tahun baru dikenal dengan Vespera de Ano Novo. Orang-orang di Brasil merayakan tahun baru dengan mengadakan pesta dan pertunjukkan musik. Pesta tahun baru yang terkenal di Brasil dapat kita lihat di Pantai Copacabana dan Rio de Janeiro. Bahkan, di kota Sao Paulo mengadakan pertandingan Maratahon Saint Silvester yang diikuti oleh pelari marathon di seluruh dunia. Kebayang gak tuh malam-malam Marathon?

Skotlandia
Di Skotlandia tahun baru yang dikenal dengan Hogmanay ditandai dengan penembakkan meriam dari Istana Edinburgh. Tahun baru di negara ini juga ditandai dengan di kumandangkannya lagu Auld Lang Syne yaitu lagu penutup tahun. Sedangkan di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung di London Eye selama sepuluh menit.

Denmark
Selain menggunakan kembang api dan Sampanye untuk merayakan tahun baru, di negara ini juga berlangsung acara makan malam dengan makanan penghidang kue bolu tradisional marzipan ring cake.Penduduk Denmark biasanya berkumpul di Balai Kota Kopenhagen untuk merayakan tahun baru. Salah satu stasiun televisi di negara ini tidak pernah absen menayangkan film komedi saat pergantian tahun.

Ekuador
Cara perayaan tahun baru di Ekuador terbilang unik. Pasalnya, tokoh-tokoh polotisi yang tidak disukai dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang. Saat tahun baru datang orang-orangan ini pun di bakar. Hal ini melambangkan terhapusnya tahun yang lewat dan datangnya tahun yang baru. Ada juga tradisi “Janda Menangis”. Laki-laki yang berpakaian wanita harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa dan menangis. Orang-orang sekelilingnya lalu memberinya uang sekedarnya. Tidak hanya itu saja, tradisi lain yang melekat adalah memakan 12 buah anggur sambil mengucapkan 12 permohonan. Memakai baju kuning pun di percaya akan mendapatkan keberuntungan. Sementara itu, kalau kita liat ada orang yang membawa koper keliling itu juga suatu tradisi yang artinya pemiliknya akan bisa berpergian ke tempat idamannya.

Filipina
Perayaan tahun baru di Filipina dilakukan denmgan acara makan malam bersama keluarga dan teman dekat. Saat tahun baru mata kita tak henti-hentinya melihat orang yang menggunakan pakaian polkadot. Motif bulat-bulat pada baju tersebut dipercaya akan mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, ada lagi tradisi mengguncang uang logam didalam panci bertutup sambil berkeliling di luar rumah juga dipercaya akan mendatangkan keberuntungan.

Indonesia
Di negara kita pesta tahun baru di identik dengan keluar rumah dengan menggunakan motor dan mobil. Suara terompet pun memenuhi jalanan saat pergantian tahun. Kembang Api pun bermunculan di angkasa. Jalan-jalanan utama pun ramai dengan orang-orang yang konvoi bersama teman dan keluarga.

Jepang
Di Jepang sendiri, masyrakatnya disibukkan dengan tradisi “toshi koshi” atau melewatkan tahun. Pada malam tahun baru di Jepang terdapat tradisi memakan soba dan ikan sarden. Tradisi lain adalah adalah menyambut toshigami atau dewa akhir tahun. Caranya ialah dengan tidak tidur semalaman. Orang yang lekas tidur dipercaya rambutnya akan beruban. Di kuil-kuil dilakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia.

Kanada
Bagi masyarakat Kanada tahun baru dan natal merupakan kesempatan untuk bertemu keluarga dan makan enak di rumah.Perayaan tahun baru di sini lebih banyak dilakukan bersama keluarga di dalam rumah sambil menukarkan kado. Sedangkan di kawasan pedesaan orang-orang mengendari kereta salju pesta bistik dan barbekyu di perbukitan. Ada juga yang merayakan tahun baru dengan memancing ikan di tengah es. Sedangkan pestra kembang api dilaksanakan di Toronto, Montreal and Niagara Falls, Ontario.

Meksiko
Sambil mengikuti bunyi lonceng masyarakat meksiko melahap duabelas buah anggur. Sebuah anggur di ucapkan dengan sebuah harapan di tahun berikutnya. Orang yang ingin mencari pasangan saat tahun baru mereka menggunakan pakaian dalam berwarna merah. Sedangkan orang yang menggunakan pakaian kuning artinya mereka berharap akan didatangkan rezki. Sama halnya dengan Ekuador negara ini juga mempunyai tradsis menyapu sampah keluar rumah, membawa koper ke luar rumah. Termasuk menggantung menggantung boneka domba dari benang wol di pegangan pintu.

Turki
Perayaan tahun baru di Turki di meriahkan dengan hiasan Natal dan dekorasi hari raya atau Bayram.Tradisi negara ini adalah melaksanakan tukar kado dan acara makan malam bersama keluarga. Selain itu, acara tahun baru juga di meriahkan dengan acara musik dan kesenian tradisional seperti Karagoz dan Hacivat. Ada juga pertunjukkan tari, konsr dan pertunjukkan sinar laser.
Pemerintah Turki juga tidak mau ketinggalan dengan ikut berpartisipasi dengan acara pengumpulan dana bagi orang tidak mampu.

Venezuela
Masyarakat Venezuula yang ingin mendapatkan pacar di malam tahun baru harus menggenakan pakaian dalam berwarna kuning. Sedangkan orang yang ingin mensdapatkan rezki harus memiliki uang kertas pecahan besar ketika mengangkat gelas untuk bersulang. Di negara ini rupanya juga ada tradisi membawa koper keliling rumah.
Sementara itu, penduduk Caracas menantikan lonceng gereja katedral Caracas yang berbunyi sebanyak 12 kali. Sedangkan radio di Venezuela memutar lagu sedih di akhir tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: