Belajar WAP yuuk

Membangun website yang yang dapat diakses dengan menggunakan browser handphone sekarang banyak sekali caranya. salah satunya dengan WAP (Wireless Aplication Protokol). sekarang ini WAP dikatakan mati suri, tidak berkembang, sudah kuno seiring pesatnya teknologi informasi yang baru yang lebih bagus.
pendapat itu boleh-boleh saja namun g ada salahnya kan kita belajar dasarnya lagi agar kita dapat mengikuti perkembangan selanjutnya. ya kita kuatkan ilmu pondasi kita untuk mengikuti perkembangan teknologi. berikut ini persiapan yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi WAP.
1. web server
web server dapat menggunakan Apache, IIS, Xitami, maupun PWS. adapun cara mendapatkan software dan cara instalasinya tanya om google ya _:D_. konfigurasi webserver apache supaya bisa mendukung tipe ekstensi program yang bisa digunakan untuk wap, adalah dengan memberikan penambahan parameter yang menyatakan dukungan untuk WAP. ekstensi-ekstensi program WAP yang digunakan antara lain adalah .wml, .wbmp, .wmls, atau .php. caranya menkonfigurasi webserver apache agar bisa mendukung WAP, yaitu dengan memberikan parameter tambahan pada file httpd.conf . Adapun langkah menkonfigurasi file httpd.conf adalah sebagai berikut:

* instal dahulu webserver apache( tanya om google ya _:D_,
bisa dengan php triad ataupun AppServ
* Buka file httpd.conf , klo kita menginstal apache biasanya letak filenya
berada pada C:\apache\conf tergantung kita waktu menginstal apache duluπŸ™‚
kemudian tambahkan parameter dibawah ini dan letakan pada baris setelah
parameter AddType yang berhubungan dengan php.
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
AddType application/x-httpd-php .php
AddType application/x-httpd-php .php3
AddType application/x-httpd-php-source .phps
#Tambahan parameter untuk wap disini
AddType application/x-httpd-php .wml
AddType text/vnd.wap.wml .wml
AddType image/vnd.wap.wbp .wbmp
AddType text/vnd.wap.wmlscript .wmlsc
AddType text/vnd.wap.wmlscript .wmls
AddType application/vnd.wap.wmlc .wmlc
AddType application/vnd.wap .wmlscriptc
AddType text/vnd.wap .wmlscript
AddType text/vnd.wap .wmlscript
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
* Setelah itu simpah file httpd.conf dengan klik file lalu saveΒ  atau Ctrl + S
kemudian restart apache nya.

* Untuk mengetesnya dapat menggunakan Emulator WAP seperti Openwave Phone Simulator atau M3Gate silahkan download dulu dan install dikomputer kalo bingung tanya mbah yahoo gantian coz om google lg leyeh-leyeh _:D_

2. teks editor
teks editor ini fungsinya untuk menuliskan tag-tag HTML atau WML atau membuat dokumen web lainnya. teks editor yang enak tanpa kita nginstal lagi adalah menggunakan notepad karena kalau kita menggunakan OS windows dari sononya dah ada tentunya _:P_. kalau mau yang lebih enak lagi menulis tag-tagnya dapat menggunakan software WAPTOR. tenang aja ini jg gratis kuq asyiiiikπŸ™‚

3. WAP Browser
WAP Browser ini digunakan untuk melihat dokument HTML atau XML. dalam hai ini kita dapat langsung menggunakan handphone yang sudah support dengan WAP. namun untuk pengiritan biar tidak keluar biaya hehe kita gunakan semacam emulator WAP browser simulator ini merupakan aplikasi simulasi dari WAP browser di HP dan simulator ini dapat berjalan di komputer kita. beberapa wap browser yang dapat digunakan adalah M3GATE, Winwap dan klondike. jangan khawatir lagi karena semuanya ini gratiiiis eunak ya mau pinter gratis lgπŸ˜› .

demikian sedikit serpihan ilmu tentang wap semoga bermanfaat

17 Tanggapan

  1. om.. boleh dong minta ilmunya kirim keemail saja ya. thx.

  2. Aku pengen belajar nih.. Om Tris, apapun alasannya, kirimi aku lewat email yaa. Sukses semuanya. Trims.

  3. Om boleh minta tolong gimana caranya membuat halaman baru

  4. mas bisa minta tutorialnya…saya bingung pakai m3gate…saya lihat gambarnya sepertinya gampang aja…eh,ternyata…waduh….kalau ada tutorialnya ya mas….seperti contoh koding2 php nya….koding wml gabung ama php tuh gmn???ada contoh2 nya kah….help ya mas…..

  5. yg file mn yg dibutuhkan.klo mau download m3gate silahkan klik di download

  6. Asslm

    mas klo apachenya sbg wecb server dgn menggunakan XAMPP beda ga settingan konfigurasinya dgn apache di phptriad?? klo beda settingan konfigurasinya gmn mas?

    soalnya saya pke XAMPP mas.

    mhon pencerahannya mas
    maksih ya mas

    wass

  7. itu sama aja.cari aja di folder XAMPP nya cari file conf buka pake notepad ato editor lainnya.

  8. wah pengen dong mas kelanjutanya gmn yah? saya pengen tapi yang gratisan aja maklumlah kantong kosong inet aja bayarπŸ™‚

  9. bagi cara bikinna dunk mas……..bingung nech mo buat skripsi gak da yg ajarin.heheheheehe.kirim ke email ya.thx… ^_^

  10. mau bwt aplikasi apa???pake waptor untuk mempermudah codingnya

  11. nyimak gan..

  12. MAs,tlg dong,,aq ini mw buat TA tentang aplikasi sistem pakar tapi lewat HP yaitu dengan teknologi WAP, yg sy mau tanyakan,,,WAP servernya tu pake apa dan server nya itu di letakan dimana..?

    • Kalau Secara online Servernya pake layanan hosting.letaknya ya sama pada saat kita mau naruh file web pada umumnya nanti tinggal di setting konfigurasinya..kalau tutorialnya ini buat testing di server komputer lokal secara offline..Moga membantu..Mksh dah berkunjungπŸ™‚..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: